Beauty of Purwakarta: Curug Cijalu

Resepsi pernikahan kami akan diselenggarakan di kota pewayangan, yaitu Purwakarta.  Di sekitar lokasi pernikahan kami banyak lokasi-lokasi menarik yang patut Anda kunjungi setelah mengunjungi resepsi pernikahan kami.

Salah satunya adalah Curug Cijalu, Curug Cijalu adalah sebuah obyek wisata yang secara administrasi pemerintahan terletak di Kabupaten Subang. Curug Cijalu terletak di desa Cipancar kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang.

Menurut cerita, sebelum diberi nama Cijalu, curug itu biasa disebut Curug Cikondang.  Namun ketika seorang pendekar (jawara) datang ke daerah ini, akhirnya nama  Cikondang diubah menjadi Cijalu. Nama ini perpaduan antara dua kata cai dan  jalu (bahasa Sunda). Curug Cijalu memiliki ketinggian lebih dari 70 meter dengan tumpahan airnya mengalir deras membelah bukit di puncak Gunung Sunda, sekitar 1300 meter di atas permukaan laut.  Curug Cijalu ditemani oleh air terjun lain yang dikenal dengan nama Curug Perempuan yang terletak sekitar 100 meter sebelum Curug Cijalu.

Berjarak dari Purwakarta kurang lebih 25 km ke arah Wanayasa.  Kondisi jalan, umumnya beraspal dan hanya sebagian kecil yang masih berupa jalan batu, dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat.

Jika dari arah Wanayasa (di jalan raya yang menghubungkan Subang dan Purwakarta) sekitar 5 km setelah pasar Wanayasa, tepatnya di pangkalan ojek Kampung Legok Barong, Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes ambil belokan kanan memasuki jalan desa ke arah Desa Cipancar.  Jarak Curug Cijalu ini dari pangkalan ojek tersebut sekitar 4 km.  Jalan masuk ke curug ini sudah ditandai plang dan petunjuk arah yang jelas. Kondisi jalan masuk ini sudah beraspal meski dibeberapa bagian sudah mulai banyak terkelupas.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Purwakarta naik angkot 01 jurusan Pasar Rebo.  Selanjutnya dari Pasar Rebo ini disambung dengan elf jurusan Wanayasa.  Turun di Pasar Wanayasa.  Selanjutnya dari pasar tersebut perjalanan diteruskan dengan naik ojek atau colt carteran (omprengan) hingga ke pintu gerbang I Taman Wisata Alam Curug Cijalu.  Ongkos ojek sekitar Rp 15000 hingga 20000 per orang.

Curug%20Cijalu-10

Azmi & Yusuf are a couple married on May 5th, 2013. They love finding new treasure in this world by sharing and travelling.