Blended Wedding: Pemanfaatan IT di Pernikahan Kami

Blended Wedding: Pemanfaatan IT di Pernikahan Kami

IT (Information Technology / Teknologi Informasi) saat ini ada di setiap aspek kehidupan manusia, termasuk juga di kehidupan saya dan Azmi, termasuk juga pada event yang paling penting pada kehidupan kami, yaitu pernikahan kami.

Teknologi adalah alat bantu yang bertujuan untuk memudahkan kehidupan manusia dan itu kami rasakan sekali ketika kami secara mendalam menggunakan IT untuk membantu persiapan pernikahan kami sampai memberitakannya secara meluas ke dunia.

Seperti sebuah pembelajaran, yang menurut seorang pakar Blended Learning di Indonesia yaitu Pak Arief Bahtiar (penemu blendedlearning.itb.ac.id) bahwa selain pembelajaran di kelas offline, perlu juga pembelajaran kolaborasi secara online. Pernikahan juga menurut kami seperti itu, selain persiapan matang secara offline, kami juga mempersiapkan pernikahan kami dengan kolaborasi secara online.

Dengan menggunakan platform Microsoft, kami berkolaborasi mempersiapkan segala aspek pernikahan kami. Dari mulai konsep acara, timeline persiapan, perencanaan budget, daftar tamu, bahkan diary selama persiapan juga kami masukkan ke sana sehingga kelak jika kami ingin bernostalgia pada momen-momen saat persiapan pernikahan kami tinggal membuka dokumen kami tersebut yang tersimpan di Cloud (Internet).

Blended Wedding - MacBook

Dengan semua itu, jarak yang memisahkan antara saya dan Azmi karena kami sekarang tinggal di kota yang berbeda sama sekali tidak menjadi masalah buat kami. Bayangkan, persiapan pernikahan bisa dilakukan kapanpun, di manapun dan oleh siapapun. Contoh cerita, Yusuf terbangun pada suatu tengah malam dan membuat dokumen Budget Planner melalui PC desktopnya untuk rancangan keuangan di SkyDrive (platform Microsoft untuk menyimpan file di Internet) dan di simpan di folder pernikahan kami, karena folder tersebut sudah dibagikan juga dengan Azmi maka secara otomatis Azmi mendapatkan file Budget Planner tersebut. Azmi yang baru bangun pada pagi harinya mendapatkan di SkyDrivenya sudah bertambah satu file dan dia membukanya lalu dia ikut membantu mengisinya juga sesuai dengan rancangan keuangan dari dia. Saat di perjalanan berangkat kerja, Yusuf melalui ponsel Windows Phonenya mendapati sudah ada perubahan yang dilakukan Azmi terhadap dokumen Budget Planner tersebut dan Yusuf mengamatinya dan ikut memberi tambahan saat itu juga. Saat di tempat kerja juga Yusuf bisa membuka dokumen tersebut melalui MacBooknya karena dokumen tersebut tersimpan di Internet (ampun kang Asep, ga pernah lama-lama kok, cuma ngecek doang, beneran, suweeer, I’m swear.. Hhe). Azmi juga ketika di tempat kerja bisa kapanpun mengecek dokumen tersebut melalui ponsel Windows Phonenya.

Azmi Phone Lumia 620 and Yusuf Phone Lumia 800

Bayangkan, betapa efektifnya dan betapa efisiennya. Kami tidak perlu menentukan waktu luang bersama untuk mempersiapkan pernikahan kami. Kami bekerja secara simultan dengan kesibukan kami masing-masing. Selebihnya juga kami melakukan hal serupa untuk perancangan situs pribadi kami dan situs pernikahan kami. Dengan metode bekerja seperti itu, situs pernikahan kami rampung dalam waktu pengerjaan hanya selama 1 minggu. Karena ketika saya membuat websitenya, Azmi bisa kapanpun memberikan masukan dan saya bisa kapanpun mencerna dan mengerjakan masukan tersebut termasuk jika saya ingin mendiskusikannya lebih lanjut.

Blended Wedding - PC Desktop

Kesemua cara kerja di atas, kami rangkum dalam sebuah platform baru yang kami beri nama: Blended Wedding. Blended Wedding sudah sangat terbukti membebaskan kami dari segala kendala-kendala kami dalam persiapan pernikahan kami. Harapan kami rekan-rekan juga bisa menggunakan Blended Wedding ini. Visi kami, kedepannya kami bisa membantu rekan-rekan yang ingin menggunakan IT sebagai alat bantu dalam pernikahan dari persiapannya sampai ke mengumumkan pernikahan tersebut ke seluruh dunia. Misi kami nanti kami akan membangun sendiri sebuah platform baru Blended Wedding yang tidak tergantung pada platform luar seperti pada contoh pernikahan kami yaitu platform Microsoft. Kami akan rancang platform tersebut dapat digunakan oleh rekan-rekan yang memiliki perangkat IT apapun, tidak perlu terpaku pada suatu merk perangkat.

Karena potensi IT sangatlah luas, termasuk pada bidang pernikahan. Tunggu tanggal mainnya. Smile

Oh ya, jika rekan-rekan melihat gambar utama di atas, itu adalah Nokia Lumia 800 saya yang sedang membuka aplikasi Office, lalu sebelah kanannya adalah Nokia Lumia 620 Azmi yang sedang membuka dokumennya di SkyDrive melalui aplikasi Office di ponsel tersebut, sebelah kanannya lagi adalah MacBook Pro saya yang sedang membuka dokumen Checklist Persiapan Pernikahan kami melalui OneNote Web App, dan yang paling kanan adalah PC desktop saya yang sedang membuka aplikasi Excel yang berisi dokumen Guest List pernikahan kami yang tersimpan di SkyDrive.

iOS & Windows Phone Developer at Radyalabs. Love Aviation. #GGMU

  • Yohan Fajar Sidik

    Keren!

    Selamat Ya Azmi dan Yusuf

    • Muhammad Yusuf

      Terimakasih.. Mohon do’a restunya ya.. Smile

      • croatic line

        Kreatifitas dan inspirasi memang terlahir satu paket,situs ini memberi inisiprasi baru bagi dunia IT,penggabungan ide dan mimpi kalian luar biasa.jadi tertarik buat konsep tugas UAS euy,..Selamat buat pernikahannya,..semoga bahagia selalu,…Smile

        • http://youandme.web.id/ Muhammad Yusuf

          Terimakasiiiiiiiih.. Silakan dimaanfaatkan.. Smile
          Terimakasih sekali lagi.. Aaamiin.. Aaamiiin.. Aaamiin.. Smile

  • Eduardo Menezes

    wah keren kang! ini keren pisan kalo diadaptasi di sekolah dengan asumsi anak-anaknya punya smartphone

    • Muhammad Yusuf

      Hohoho makasih.. Iya ya.. Ayo bisa kita wujudkan.. Kalau untuk pendidikan sendiri sih udah ada Blended Learning itu lebih mantap lagi. Grin

  • http://www.facebook.com/rizky.djati.munggaran Rizky Djati Munggaran

    Awesome!!!, ngikutin ah… ^__^

    • Muhammad Yusuf

      Makasih.. Siiip.. Kita bisa saling sharing.. Grin

  • http://synclicious.blogspot.com/ Galih Pratama

    ini impian semua orang IT untuk mempersiapkan nikah. keren keren. moga dilancarkan pernikahannya (y)

    • Muhammad Yusuf

      Iya berhubung kami berdua orang IT jadi ini impian kami berdua sehingga bisa dengan mudah kami wujudkan. Terimakasih, aaamiiin.. Smile

  • YugieNugraha

    Bisa jadi Case Study ini! mantap ucup! Big Smile

    • Muhammad Yusuf

      Boleh kok kalau mau dijadikan Case Study kami siap sharing hohoo.. Makasi Yug.. Makasi juga buat testimonialnya hehehe..

  • http://www.facebook.com/gilang.bhagaskara Gilang Bhagaskara

    keren Grin selamat ya!

    • Muhammad Yusuf

      Makasiiiih.. Mohon do’anya ya.. Smile

  • http://www.facebook.com/Iqbal.Tawakall Muhammad Iqbal Tawakal

    Menarik untuk dicoba.. smg dilancarkan pernikahannya, jd berkah dan barokah. mjd keluarga yg sakinnah, mawadah, warohmah. aamiin Smile

    • Muhammad Yusuf

      Memang menarik. Grin
      Aaaamiiiiiin.. Makasih yaaaa.. Smile

  • http://www.facebook.com/Add.it.Now Aditia Rakhmat

    Keren, bisa jadi referensi buat episode kehidupan ke depan.. Big Smile Selamat ya..

    • Muhammad Yusuf

      Terimakasih.. Smile
      Silakan kami siap sharing-sharing.. Smile
      Terimakasih banyak atas ucapan selamatnya. Smile