Buku-Buku Soal Pernikahan

Buku-Buku Soal Pernikahan

Akhir-akhir ini, kolegaku, teh DM selalu menyuruh saya ikut seminar pranikah. Entah mengapa saya kurang menanggapinya walau padahal sebenernya pengen sih hehe. Tapi beliau tidak berhenti di situ saja, saya disuruh baca buku-buku soal pernikahan, dan saya dipinjaminya buku-buku soal pernikahan.

Saat menunggu teh DM meminjami saya buku-buku soal pernikahan, saya juga sempat membeli beberapa buku tentang pernikahan. Saking semangatnya saya langsung membeli tiga buku sekaligus haha. Masing-masing buku memang berbeda arah pembahasannya namun umumnya membahas soal fiqih pada pernikahan dan psikologis suami/istri.

Saya membeli buku-buku tersebut di Gramedia dan saya menunggu kasir kosong saat akan melakukan pembayaran di kasir haha. Saya malas kalau ada orang yang menatap aneh melihat belanjaan saya buku soal nikah semua. Padahal siapa juga yang peduli haha.

Berikut ini buku-buku nikah yang saya miliki:

  1. Saatnya untuk Menikah karangan Mohammad Fauzil Adhim (pinjaman dari teh DM) — Membahas soal persiapan segalanya untuk menyatakan diri siap menikah sampai akhirnya siap untuk melamar. Namun buku ini kurang pas dengan saya karena saya membacanya setelah saya melamar sehingga apa-apa yang dibahas adalah apa-apa yang telah berhasil saya lewati.
  2. Menggapai Berkah Sejak Malam Pertama karangan John Rinaldi — Membahas tuntunan Islam dalam menggapai rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah dari saat memilih pasangan, meminang, akad nikah dan seterusnya sampai menyambut lahirnya sang buah hati. Nah yang ini mengena untuk saya.
  3. Kado Pernikahan karangan Syaikh Mahmud Mahdi al-Instabuli — Membahas soal persiapan pernikahan yang Islami dan membina keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah sesuai petunjuk Al-Qur’an dan sunnah Nabi S.A.W. Yang ini masih mengantri untuk saya baca.
  4. Kado Pernikahan untuk Istriku karangan Mohammad Fauzil Adhim (pinjaman dari teh DM) — Membahas segala seluk beluk pernikahan dari segala sudut pandang. Yang ini yang paling tebal dan masih mengantri untuk saya baca.
  5. Dan yang terakhir buku yang mengambil sudut pandang Islam dan kedokteran. Ada psikologinya juga yang dibahas.

Dari buku-buku tersebut ternyata memang banyak ilmu baru yang saya dapatkan, banyak hal tentang psikologi seorang wanita dan fiqih pernikahan yang baru saya tahu setelah membaca buku-buku tersebut. Walau nanti setelah menikah pasti akan lebih banyak lagi hal-hal baru, namun setidaknya saya sudah mengetahui lebih dulu beberapa jadi nanti akan lebih siap. Smile

Bagi rekan-rekan yang akan menikah nanti, jika sudah dekat-dekat hari pernikahan saya anjurkan baca juga buku-buku soal pernikahan. Kalau mau pinjam buku-buku punya saya, akan saya pinjamkan dengan senang hati. Grin

iOS & Windows Phone Developer at Radyalabs. Love Aviation. #GGMU

  • http://www.facebook.com/eka.risyana.pribadi Eka Risyana Pribadi

    Subhanallah.

    Selamat buat Yusuf dan Azmi, semoga lancar segalanya dan menjadi keluarga yang bahagia. Terharu euy.
    Dulu pas mentoring B-Mail masih cupu, sekarang udah mau kawin. Grin

    Ngelihat postingan ini, jadi ada referensi buku bacaan nih, hehe. Btw, nomor 5 judul bukunya apa suf ? Grin

    • http://youandme.web.id/ Muhammad Yusuf

      Aaaamiiiiiin.. Makasih kang..
      Aduh iya, kang Eka mentor B-Mail terbaikku, berkat kang Eka saya ga pernah bolos mentoring B-Mail hohoho..
      Hadir ya kang di acara resepsi pernikahan kami.. Smile

      Soal buku nomor 5 kalau kang Eka bener-bener mau tau ntar saya PM kan, bener-bener mau tau kang? Soalnya judulnya benar-benar cetar membahana kang.. Hehehe