Kehamilan 6 Minggu

Kehamilan 6 Minggu

Well, iya, ternyata sudah usia kehamilan 6 minggu.

Sekitar pertengahan Mei, kami merasakan ada yang hadir pada keluarga kami. Maka, menggunakan testpack yang dapat dengan mudah dibeli di apotik, kami mengetes kehamilan. Azmi menunjukkan hasil tesnya dengan tersenyum-senyum. Hasilnya dua bar terbentuk pada testpack tersebut. Positif! Setelah itu kami langsung mengatur jadwal untuk bertemu dokter.

Testpack Positif Kehamilan Azmi

Testpack Positif Kehamilan Azmi

Pada waktu yang telah dijadwalkan, kami pun menuju Rumah Sakit Hermina Arcamanik. Dan setelah diperiksa oleh dokter, ternyata usia kandungan di rahim Azmi sudah memasuki usia kehamilan 6 minggu! Syukur alhamdulillah, mohon doanya teman-teman.. Smile

Sesuai hasil cek dokter, kantung kehamilan sudah terlihat dan berukuran 1,15 cm. Namun janin belum dapat terlihat. Pada usia kehamilan 6 minggu, janin masih sebesar biji apel dan berupa sel-sel sejumlah sekitar 150 sel yang terus mereplikasi diri.

USG Kandungan Azmi 6 Minggu

USG Kandungan Azmi usia kehamilan 6 minggu. Terlihat di bagian sebelah kiri gambar ada kantung kehamilan yang mulai terbentuk.

Menurut referensi yang kami dapat, insya Allah bentuk janin pada usia kehamilan 6 minggu ini berupa janin yang kepalanya masih lebih besar daripada badannya. Raut muka janin pun sedang membentuk dan terdapat bintik hitam pada wajahnya yang merupakan awal mula perkembangan matanya. Terdapat pula bukaan-bukaan di mana lubang hidung dan lubang telinga akan berada.

Insya Allah ada bagian yang mulai menonjol yang merupakan cikal bakal tangan dan kakinya. Perkembangan otot juga sudah dimulai. Dan.. Walau belum dapat terdengar.. Jantung janin mulai berdetak 80 detak per menit dan semakin cepat sampai sekitar 150 detak permenit (2 kali lipat frekuensi detak jantung orang dewasa).

Janin usia kehamilan 6 minggu (diambil dari situs luar).

Lebih lanjut tentang perkembangan janin pada usia kehamilan 6 minggu dapat dilihat pada tautan-tautan berikut:

Sekali lagi, mohon doanya teman-teman. Smile

 

Azmi & Yusuf are a couple married on May 5th, 2013. They love finding new treasure in this world by sharing and travelling.