Kunjungan ke Cianjur

Setelah kunjungan keluarga Yusuf di hari lamaran, keluarga saya juga memutuskan untuk melakukan kunjungan ke Cianjur sebagai kunjungan balik ke keluarga Yusuf. FYI, kali pertama saya bertemu dengan orang tua Yusuf adalah ketika hari lamaran tersebut sehingga banyak saudara-saudara saya yang menyarankan untuk bertemu kembali dengan kedua calon mertua beserta keluarganya. Ternyata cukup sulit menemukan hari yang tepat untuk berkunjung karena saya dan Yusuf berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda, keluarga saya pedagang yang tiada kata libur di akhir pekan, sedangkan keluarga Yusuf adalah guru yang justru bebas di akhir pekan. Tapi akhirnya kami sekeluarga menyempatkan diri untuk berkunjung di hari Minggu, tanggal 3 Februari setelah sempat diundur selama seminggu. Ayah saya menekankan bahwa bersilaturahim seperti ini penting, jangan sampai terjadi seperti salah satu saudara kami yang sampai sesudah anaknya menikah pun tidak tau dimana besannya tinggal.

Minggu sekitar pukul 14 keluarga kecil kami berangkat menuju Cianjur, dengan panduan peta yang diberikan Yusuf, Alhamdulillah perjalanan kami lancar dan sampai sekitar pukul 16. Lucu, keluarga kami membawa sedikit buah tangan diantaranya rambutan, ternyata di rumah Yusuf pun kami dijamu rambutan, jadi barter. Hihi.. Selama kurang lebih 1 jam kami mengobrol kesana kemari, suasananya hangat tapi masih sedikit canggung, mungkin wajar karena itu merupakan pertama kalinya keluarga kami mengobrol secara lebih private. Ayahnya Yusuf sempat bertanya pada saya, “Sebenernya nikah ini kehendaknya siapa? Azmi atau Yusuf?” Ketika saya hanya bisa menjawab dengan senyuman, tiba-tiba kakak saya menjawab “Kehendak Allah ya de?!” Saya mengiyakan sambil juga memikirkan, bener juga yah.. Semua ini adalah kehendak Allah.. Kadang merasa tidak menyangka bisa secepat ini, tapi waktu dan segala-galanya pun Allah sudah aturkan. Amazingly surprising, surprisingly amazing!! Grin

Setelah dijamu makan kemudian shalat maghrib, kami pun pulang berbekal pempek asli buatan ayahnya Yusuf (my favorite! Grin) dan tauco khas Cianjur. Rasanya senaaaang sekali kedua keluarga kami bisa saling bertemu dan bersilaturahim. Sayang sekali Sarah adik Yusuf tidak ikut hadir karena sedang ada kegiatan di Bandung.

Housewife. Educator and Human Capital at Edulab Learning Consultant.