Solusi Kantuk di Pagi Hari yang Tak Tertahankan

Padahal tidur semalam sudah nyenyak dan cukup waktunya, namun kantuk di pagi hari tetap saja datang dan begitu tak tertahankan. Bagi yang sering merasakan kantuk di pagi hari yang tak tertahankan, semoga tulisan di bawah ini bermanfaat. Grin

Mengantuk

Semenjak menikah, banyak hal-hal baru yang saya rasakan. Kebanyakan merupakan hal-hal yang begitu menakjubkan dan membahagiakan. Namun ada satu hal yang cukup mengganggu saya. Yaitu entah mengapa semenjak menikah saya selalu merasakan kantuk di pagi hari yang tak tertahankan ketika di perjalanan berangkat kerja. Bahkan saya sampai tidak bisa mengontrol aktivitas ‘ketiduran’ saya di angkot karena kantuk di pagi hari yang tak tertahankan tersebut. Saya mencoba melakukan aktivitas dengan telepon genggam saya, misalkan bermain game atau membaca berita, tetap saja, malah saya ketiduran di angkot sambil menggenggam telepon genggam saya tersebut. Sangat berbahaya dan memalukan tentunya. Hohoho.

Awalnya saya berpikir, mungkin karena sesaat setelah menikah banyak aktivitas-aktivitas yang lumayan melelahkan dan saya belum sempat mengganti kelelahan tubuh saya dengan beristirahat. Sesaat setelah menikah memang banyak aktivitas-aktivitas saya bersama istri yang lumayan menguras energi. Minggu pertama saya pergi ke Tasik bersama istri. Lalu tidak lama kemudian saya bersama istri berwisata ke Bali berkeliling di sana menggunakan sepeda motor. Lalu ke Cianjur. Pokoknya selalu saja di hari libur saya bersama istri pergi keluar untuk berbelanja atau semacamnya. Maklum, pengantin baru, masih banyak yang kurang di sana-sini. Grin

Namun beberapa minggu kemudian, rasa kantuk di pagi hari tersebut tetap muncul. Saya mulai merasa tidak normal. Kalau dirasa-rasa aktivitas saya sudah kembali normal namun mengapa rasa kantuk di pagi hari tersebut tidak kunjung hilang. Padahal tidur semalam sudah cukup dan berkualitas. Saya sempat berpikir apakah stamina saya belum siap untuk menjadi seorang suami dan berumahtangga? Sempat saya mendiskusikan dengan istri saya soal kantuk di pagi hari tersebut.

Akhirnya setelah riset, saya menemukan penyebab rasa kantuk di pagi hari yang tak tertahankan tersebut. Ternyata penyebabnya adalah karena sarapan saya di pagi hari. Setelah menikah memang ada perubahan pada sarapan saya di pagi hari. Istri saya punya obsesi untuk menambah berat badan saya, sehingga istri saya tercinta selalu memberi saya sarapan makanan yang banyak dan berat di pagi hari. Porsi nasinya pun sangat banyak. Padahal saya sebelum menikah di kostan hanya sarapan roti dan susu saja di jalan berangkat kerja. Memang setelah menikah saya merasa lebih senang karena bisa sarapan yang enak dan kenyang ditemani istri tercinta Cool , namun ternyata itulah yang menjadi penyebab rasa kantuk di pagi hari yang tak tertahankan yang tiba-tiba terjadi pada diri saya.

Ternyata, tubuh manusia memiliki siklus. Pada pagi hari (jam 4 pagi – 12 siang) adalah siklus pembuangan, jadi yang terbiasa melakukan buang air besar pada pagi hari, itu adalah kebiasaan yang baik. Pada siang hari sampai malam hari (jam 12 siang-20 malam) siklus tubuh kita adalah untuk pencernaan, jadi di saat ini lah saat yang cocok memasukkan banyak makanan ke dalam tubuh dan mencernanya. Sedangkan pada malam hari (20 malam – 4 pagi) adalah siklus penyerapan, jadi gizi dari makanan yang sudah dicerna mulai diserap dan disebarkan ke seluruh tubuh.

Nah, seperti yang dijelaskan di atas, pagi hari itu adalah siklus untuk pembuangan. Untuk pemasukkan makanan sendiri sebaiknya tidak terlalu banyak dan berat (misalnya nasi atau daging) karena itu akan membuat sistem pencernaan kita bekerja keras dan lelah. Hal itu lah yang dapat membuat kantuk di pagi hari, karena kita kelelahan saat sistem pencernaan kita dipaksa bekerja keras. Pada pagi hari sebaiknya kita tidak mengonsumsi makanan yang padat dan berat sehingga sulit dicerna. Sebaiknya pada pagi hari kita mengonsumsi makanan yang mudah dicerna namun kaya akan nutrisi, serat, dan protein. Misalkan telur rebus, sedikit roti gandum, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Akhirnya saya diskusikan hal ini dengan istri saya. Dan mulai kemarin pagi, istri saya tersayang mulai membuat sarapan yang ringan dicerna untuk saya. Dan masalah kantuk di pagi hari saya langsung hilang. Alhasil saya semakin sayang dan cinta pada istri saya. ROTFL

Sarapan anti kantuk

Sarapan anti kantuk

iOS & Windows Phone Developer at Radyalabs. Love Aviation. #GGMU